Selasa, 25 September 2012

Nothing to lose

It has been a looong... time since my last chit chat in here, ya? Dan saya merasa sangat kangen. Pada hakekatnya, saya adalah orang yang suka nulis. Tapi kali ini saya nulis bukan dengan tema yang ada di otak, tapi yang dikasih orang. Karena otak saya lagi ngga bisa mikirin tema. Karena tema lagi musuhan sama otak saya. Halah -_-

Actually, someone told me soal lomba yang diadain oleh @bloggercomp, namanya @eliahutajulu. He just said, "ikutan aja, ka. Nothing to lose lah." Terus saya sadar akan situasi blog saya yang -mungkin kalau dia berbentuk benda nyata- sudah jamuran. Sudah kudisan. Sudah katarak. Wong sudah sekian bulan saya tidak menjenguk, membersihkan ataupun sekedar ngasih kata hi. So here I am, -tentu saja,- nulis. Nothing to lose, bukan?

Gara-gara sedari tadi saya berulang kali menulis nothing to lose, saya jadi ngeh kalau sudah banyak kesempatan yang saya ambil karena kalimat tersebut belakangan ini. Ikutan cast untuk sebuah talkshow, ikutan temen yang mau traktir makan, ikutan sebuah organisasi, ikutan bikin blog, ikutan temen yang lagi suka jualan, dan masih banyak ikutan-ikutan lainnya. Toh, ikut atau tidak, saya tidak akan kehilangan apapun. Paling parah, mungkin saya hanya akan menyia-nyiakan waktu yang saya miliki. Tapi di jaman yang sudah super canggih seperti sekarang ini, saya rasa waktu-pun akan sulit untuk disia-siakan.

 Beberapa bulan yang lalu, saya sibuk memperhatikan bagaimana cara teman saya mengefisiensikan waktu yang ia miliki dengan mengandalkan teknologi yang ada. Melalui smart phone yang dimiliki, ia berhasil mengembangkan bisnis jual-beli baju bola yang ia kelola. Dan marketing yang ia lakukan hanya melalui satu benda mungil tersebut. Rasa penasaran saya memuncak, sampai akhirnya saya memilih untuk mengamati bagaimana ia memanfaatkan teknologi yang ia miliki untuk menyokong usaha kecilnya itu.

Pertama, promosi. Selain menjadikan kaos bola sebagi topik awal ketika ia membuka sebuah pembicaraan, ia -pastinya- juga menggunakan ponselnya sebagai ajang 'pamer'. Ia akan menggunakan BBM, whatsapp, twitter, facebook dan masih banyak media promosi lainnya yang ia manfaatkan dengan cara memajang foto baju kaos bola yang ia jual. Dan yang saya tahu, he's doing it with fun, karena orangnya memang tergila-gila sama dunia bola.

Kedua, komunikasi. Serius, semua teknologi yang ada sekarang ini is totally useful. Ponsel jaman sekarang -sebut saja dia smart phone- tidak hanya membuat kita dapat mengirim sms ataupun nelpon, it is much more than this. Bisa kirim voice note, kirim gambar, akses internet, dan -uh- saya rasa berbagai hal lain yang tidak saya ketahui. Tanpa perlu tatap muka, ponsel pintar ini membantu teman saya dalam komunikasi; dengan konsumen maupun distributor sehingga mengurangi ribet yang ada.

Karena kemudahan-kemudahan tersebut, saya jadi ikut nyemplung di dunia bisnis seperti ini. Menjual apapun yang bisa dijual (LOL). Nothing to lose, rite? Saya rasa tidak ada rugi, tetapi membuka peluang untuk sebuah keuntungan agar bisa kita raih. Oh ya, saya pengen sekalian ngingetin lagi pihak yang mengadakan event ini :

 
mungkin kalian ingin ikutan lomba blog. Atau ingin seperti dua tokoh yang terlihat disana, two awesome bloggers yang sudah berhasil meraup ketenaran dan banyak hal lainnya. 
Coba saja, nothing to lose.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar